@thesis{thesis, author={Damopolii S and Khoirun Muhammad and Tubihardjo Tubihardjo}, title ={Strategi pemasaran PT. Sapta Pirsa Mandiri}, year={1999}, url={https://repository.ipmi.ac.id/1524/}, abstract={Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi di Indonesia, maka industri asuransi sebagai penunjang perekonomian nasional ikut berkembangan pula, baik dari segi jumlah perusahaan nasional maupun patungan, SDM, permodalan maupun premi asuransinya. Dengan semakin banyaknya pengguna jasa asuransi dan semakin tingginya kompetisi di industri asuransi, maka didalam usaha penyelesaian ganti rugi asuransi yang tepat, cepat dan tidak memihak. Untuk itu diperlukan pihak ketiga yang independen dan profesional didalam menangani penyelesaian ganti rugi tersebut, yaitu perusahaan loss adjuster (penilai kerugian asuransi). Hal ini sejalan dengan undang-undang (UU) no. 2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian yang menyatakan bahwa loss adjuster merupakan salah satu perusahaan penunjang usaha asuransi. Berkaitan dengan PT. Sapta Pirsa Mandiri, ternyata dari tahun 1995 sampai dengan tahun 1998 pangsa pasarnya selalu menurun, dimana pertumbuhan produksinya selalu lebih rendah dari pada pertumbuhan produksi industri loss adjuster merupakan salah satu perusahaan penunjang usaha asuransi. Berkaitan dengan PT. Sapta Pirsa Mandiri, ternyata dari tahun 1995 sampai dengan tahun 1998 pangsa pasarnya selalu menurun, dimana pertumbuhan produksinya selalu lebih rendah daripada pertumbuhan produksi industri Loss adjuster (nasional). Untuk itu diperlukan suatu strategi pemasaran untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Sehubungan dengan hal ini, maka telah dilakukan analisis internal, analisis eksternal/lingkungan dan analisis SWOT.} }