@thesis{thesis, author={SEPTIANA IKA NURYAH}, title ={STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM JEJAK ANAK NEGERI EPISODE NAPAK PERTIWI DI TRANS7 DALAM MENGEMAS KONTEN BUDAYA}, year={2022}, url={http://repository.isi-ska.ac.id/6069/}, abstract={STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM JEJAK ANAK NEGERI EPISODE NAPAK PERTIWI DI TRANS7 DALAM MENGEMAS KONTEN BUDAYA (Ika Nuryah Septiana, 17148104) Skripsi S-1 Program Studi Film Dan Televisi, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain Intitut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian ini membahas mengenai strategi kreatif yang diterapkan produser dalam mengemas konten budaya pada program Jejak Anak Negeri episode Napak Pertiwi di TRANS7. Episode ini dipilih lantaran merupakan episode dengan ratting and share tertinggi program Jejak Anak Negeri tahun 2020, yakni dengan TVR 1,2 dan TVS 10,1. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara bersama produser dan asisten produser sekaligus melakukan observasi melalui copy tayang yang ada pada kanal youtube serta media sosial Jejak Anak Negeri. Strategi kreatif yang diterapkan produser dalam mengemas konten budaya meliputi: materi yang memuat tujuh unsur kebudayaan, menerapkan bahasa tradisional dalam mengemas sistem bahasa, memanfaatkan gimmick and funfare guna mengemas sistem kekerabatan dan sosial, memanfaatkan penataan artistik serta music and fashion untuk mengemas sistem peralatan hidup dan teknologi, mempertimbangkan target pemirsa, format acara, tune and bumper, ritme dan birama acara, logo dan music track id tune, dan interactive program. Namun, pada program ini belum menerapkan punching line dan general rehearsal. Strategi yang sudah disebutkan saling berkaitan satu sama lain guna menciptakan sebuah tayangan konten budaya yang banyak disaksikan pemirsa. Kata kunci: Strategi kreatif produser, unsur kebudayaan, Jejak Anak Negeri} }