@thesis{thesis, author={PUTRI SEKAR AYU ANGGITA SETYA}, title ={PENERIMAAN IBU-IBU DESA NGIPANG TERHADAP PROGRAM ACARA “MASTER CHEF INDONESIA” SEBAGAI SARANA REFERENSI PENGEMBANGAN UMKM}, year={2023}, url={http://repository.isi-ska.ac.id/6077/}, abstract={PENERIMAAN IBU-IBU DESA NGIPANG TERHADAP PROGRAM ACARA ?MASTER CHEF INDONESIA? SEBAGAI SARANA REFERENSI PENGEMBANGAN UMKM (Sekar Ayu Anggita, 2022) Skripsi S-1 Prodi Film dan Televisi, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian ini berawal dari ketertarikan ibu-ibu Desa Ngipang yang mempunyai usaha menengah kecil yang berada di bidang kuliner terhadap tayangan kuliner Master Chef Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerimaan ibu-ibu warga Desa Ngipang, Banjarsari, Surakarta terhadap program acara ?Master Chef Indonesia? sebagai sarana referensi dalam pengembangan UMKM. Penelitian ini menggunakan teori kultivasi untuk mendapatkan pendapat realitas sosial antara media dengan khalayak, serta menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik purposive sampling dengan menyebar kuisioner pada ibu-ibu di Desa Ngipang yang secara khusus mempunyai UMKM yaitu sejumlah 35 responden, kemudian didapatkan 33 orang yang pernah menonton tayangan Master Chef dibagi menjadi 3 kategori, pertama ada 9 responden menonton berdasarkan cara penyajian menu, kategori kedua ada 11 responden menonton berdasarkan evaluasi juri dan peserta, dan kategori ketiga ada 13 responden yang menyukai tayangan program berdasarkan dan cara memasaknya. Penelitian ini fokus pada kategori ketiga yang akan disesuaikan dengan kelompok khalayak berdasarkan durasi menontonnya, dan telah dipilih 5 responden dengan heavy viewers dan 4 responden light viewers, sehingga jumlah responden keseluruhan adalah 9 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerimaan Ibu-Ibu Desa Ngipang yang mempunyai UMKM dapat mempertimbangkan ketertarikan program Master Chef Indonesia Season 9 untuk mengembangkan referensi menu masakan pada UMKM. Kata kunci : Penerimaan, khalayak, Master Chef Indonesia, Kultivasi} }