@thesis{thesis, author={KHOLIFAH ANA MUCHSINUN NUR}, title ={MAINAN DAN WAHANA PERMAINAN PASAR MALAM SEKATEN SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BUSANA CASUAL ANAK}, year={2023}, url={http://repository.isi-ska.ac.id/6117/}, abstract={Tugas akhir ini berjudul ?Mainan Dan Wahana Permainan Pasar Malam Sekaten Sebagai Sumber Ide Penciptaan Motif Batik Untuk Busana Casual Anak?. Alasan pemilihan tema karena perubahan pola fikir zaman sekarang berbahaya bagi tumbuh kembang serta mental anak. Tujuan dalam pembuatan karya ini adalah memperkenalkan Kembali wahana serta permainan pasar malam sekaten kepada anak-anak melalui batik yang diterapkan pada busana casual anak. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya menggunakan tiga tahap yaitu eksplorasi, perancangan dan perwujuan. Proses penciptaan karya dimulai dari tahap eksplorasi yaitu dengan melakukan pengamatan wahana serta permainan tradisional sekaten, perancangan desain, alternatif desain untuk dipilih sebagai motif batik yang di aplikasikan pada busana casual anak dan juga perwujudan. Teknik perwujudan yang diterapkan pada keseluruhan karya menggunakan teknik batik tulis pewarnaan colet dengan menggunakan bahan pewarna remasol. Diawali dari proses pola, nyorek, mencanting, mewarna, melorod, menjahit hingga finishing. Luaran dalam penciptaan karya ini berupa (1) 4 busana casual anak ( 2 busana anak perempuan dan 2 busana anak laki-laki); (2) Teaser proses tugas akhir; (3) Katalog dan (4) Draf artikel karya ilmiah. Pada karya ini terdapat 4 judul karya motif batik dengan nama ?Ceplok Bianglala?, ?Tambal Kora-Kora?, ?Parang Otok-Otok? dan ?Kawung Gangsing?. Dan 4 judul karya busana yaitu ?Kenes?, ?Hasya?, ?Abinaya? ?Meraki?. Hasil akhir dari penciptaan karya ini sesuai untuk busana casual anak. Kata Kunci: Wahana dan Permainan Pasar Malam Sekaten, Batik, Busana Casual} }