@thesis{thesis, author={Aprianda Yosafat Chris}, title ={HIBRIDASI PENCIPTAAN KARYA MUSIK NGADONIN KELOMPOK SMARA TANTRA}, year={2022}, url={http://repository.isi-ska.ac.id/6234/}, abstract={Penelitian ini dibuat atas dasar keinginan untuk mengungkap permasalahan kekaryaan musik kelompok Smara Tantra. Sebuah kelompok dengan genre Jazz ini diduga melakukan teknik hibrydasi musik Etnik Nusantara sebagai satu ciri khas. Berlandaskan keinginan tersebut maka peneliti memilih kasus satu kekaryaan lagu kelompok Smara Tantra yang berjudul ?Ngadonin? sebagai obyek analisis untuk menjawab rumusan masalah; 1) Bagaimana ide penciptaan karya ?Ngadonin?? dan 2) Bagaimana metode hibridasi musik diterapkan dalam proses penciptaan karya ?Ngadonin? oleh kelompok Smara Tantra?. Pernyataan teoritik Jakob Sumardjo tentang manusia kreatif digunakan peneliti untuk menjawab rumusan masalah pertama, dan Siagian tentang Hibridasi sebagai sebuah fenomena kontak budaya menjadi landasan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Penelitian ini dilakukan dengan penerapan metode kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Sumber data diperoleh dari teknik pengamatan langsung, wawancara, studi pustaka dan dokumen. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa, 1) Smara Tantra mendasari konsep kekaryaannya dengan prinsip mempelajari kebudayaan. Proses kekaryaan musik adalah satu wadah bagi personil yang mayoritas pelajar S2 ISI Surakarta sebagai ajang untuk mempelajari musik-musik etnik Nusantara secara mendalam. Oleh karena itu maka materi musik Nusantara kemudian menjadi obyek untuk disatukan dalam pendekatan Jazz Kontemporer yang memang menjadi passion dari sebagian besar kelompok Smara Tantra, 2) dalam karya ?Ngadonin? tampak bahwa Smara Tantra menggunakan teknik Kotekan Gong Kebyar Bali untuk dicampurkan dengan musik Jazz dengan metode transmedium dan menciptakan harmoni dari sitem tonal yang berbeda.} }