@thesis{thesis, author={Feoh Agung Dewa Cendana}, title ={KAMPANYE ISLAMIC QUESTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AWARENESS TERHADAP ISU DISKRIMINASI AGAMA ISLAM DI INDONESIA MELALUI MOTION GRAPHIC MELALUI MEDIA SOSIAL}, year={2023}, url={http://repository.isi-ska.ac.id/6300/}, abstract={Islamofobia dapat digolongkan ke dalam fobia dengan subkategori xenofobia. Xenofobia adalah ketakutan terhadap orang yang dianggap asing. Beberapa penjelasan para ahli menyebutkan xenofobia terbentuk dari irasionalitas. Persepsi ini terbentuk akibat oknum yang melakukan tindak kriminal mengatasnamakan Islam sehingga menimbulkan ketakutan di masyarakat yang menjadi phobia. Oleh sebab itu Islamic Question hadir sebagai upaya mengenalkan nilai Islam dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait isu diskriminasi terutama di Indonesia. Menggunakan metode design thinking dengan 6 tahapan yakni define, research, interpretation, ideation, prototype, evaluation. Tahapan define diolah dengan menggunakan how might we question, lalu pada tahapan research menggunakan metode pengumpulan data studi literatur, observasi, kuesioner, dan dianalisis menggunakan metode Mindmapping pada tahapan interpretation, sedangkan pada tahapan ideation meggunakan metode brainstorming untuk mententukan konten, dan pada tahapan prototype menggunakan metode storyboard serta pada tahapan terakhir evaluasi menggunakan model AISAS. Penggunaan 5 warna dasar berupa cetacean blue, Plochere?s Vermilion, Bisque, Beer, Jelly Bean Blue sebagai pembeda dengan kampanye yang memiliki jenis yang sama. Kampanye ini juga menerapkan 6 dari 12 prinsip animasi yang berupa Squash and stretch, anticipation, staging, arcs secondary action, timing, exaggeration pada motion graphic yang dibuat, selain itu terdapat beberapa media pendukung kampanye berupa poster, Instagram filter, dan Instagram story template, serta merchandise.} }