@thesis{thesis, author={Nugroho Aan Adi}, title ={KENDHANGAN GENDING SIRINGAN DALAM SAJIAN MRABOT}, year={2022}, url={http://repository.isi-ska.ac.id/6407/}, abstract={Skripsi karya seni dengan judul ?Kendhangan Gendhing Siringan Dalam Sajian Mrabot? menyajikan dan menganalisis garap kendang gendhing Siringan sebagai gending baku beserta rangkaian gending mrabot laras pélog pathet lima. Berbagai bentuk dan karakter gending terwadahi dalam sajian mrabot ini. Rangkaian gending yang dipilih adalah; lagon Bibis dhawah Siringan, gendhing kethuk. 2 kerep minggah 4 kalajengaken Ladrang Eling-eling Subositi terus Kemuda Kapirekta, terus Srepeg Binangun mawi Palaran Pangkur Gondhang Gandhung, laras pélog pathet lima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode kualitatif. Penelitian karya seni ini diproses mulai dari rancangan penelitian karya, pemilihan sumber dan jenis data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara. Dalam analisis garap kendang gendhing Siringan digunakan empat konsep yaitu; konsep garap, konsep mrabot, konsep mungguh, dan konsep matut. Hasil penelitian terhadap gendhing Siringan ini adalah ditemukan rasa dan karakter gending yang agung, sesuai dengan karakter gendinggending laras pélog pathet lima. Penulis juga menyisipkan gending dengan karakter gecul yakni pada Ladrang Eling-Eling Subositi agar sebuah sajian tidak terkesan monoton dan membosankan. Hasil ini juga tidak lepas dari penerapan garap kendhangan sebagai ricikan pamurba irama yang sangat penting perannya, terutama pada penerapan laya sajian. Hasil dari skripsi karya seni ini nantinya dapat digunakan sebagai referensi dan perbendaraan (vokabuler) rangkaian garap mrabot dalam sajian gending tradisi gaya Surakarta.} }