@thesis{thesis, author={Permana Anintya Wanda}, title ={MAKNA VISUAL IKLAN TELEVISI “KUKU BIMA Versi VISIT JAWA TENGAH”}, year={2020}, url={http://repository.isi-ska.ac.id/6497/}, abstract={Permana, Anintya Wanda. 2019. MAKNA VISUAL IKLAN TELEVISI KUKU BIMA ENER-G ?studi kasus Bentuk visual terhadap iklan televisi Kuku Bima Ener-G versi Visit Jawa Tengah?. Tesis. Penelitian ini difokuskan pada hubungan antara minuman Kuku Bima Berenergi dengan kearifan lokal budaya Jawa Tengah. Adanya tema iklan televisi berwisata dalam negeri memanfaatkan bermacam-macam kearifan budaya nusantara serta tempat pariwisata yang menjadi ikon di setiap daerahnya. Tema tersebut mengakibatkan perubahan yang sangat unik dan menarik perhatian masyarakat Indonesia karena tidak hanya menonjolkan produknya saja akan tetapi juga sangat memperhatikan strategi pemasarannya yang sangat menggebrak perhatian konsumennya sehingga minuman Kuku Bima membuat label bahwa minuman wisata dalam negeri hanya terdapat pada iklan minuman berenergi tentunya Kuku Bima Ener-G. Penelitian bertujuan untuk mengetahui makna dan pesan yang terkandung pada iklan televisi Kuku Bima Ener-G versi Visit Jawa Tengah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan semiotika dengan analisis teori semiotika Roland Barthes. Hasil menunjukan bahwa: pertama, alasan dipilihnya beberapa ikon budaya Jawa Tengah dalam memasarkan produk minuman Kuku Bima berenergi. Kedua, bentuk visual iklan televisi Kuku Bima Ener-G versi visit Jawa tengah yang dibagi menjadi beberapa frame untuk diketahui makna yang terkandung di balik frame tersebut dalam penayangan iklan minuman kuku bima ener-g.} }