@thesis{thesis, author={Muzaki Dwiki Akhsan}, title ={INTERAKSI MUSIKAL GENDER LANANG DENGAN DALANG DALAM SULUKAN JEKDONG GAYA TROWULAN KI SAREH BUDI UTOMO}, year={2023}, url={http://repository.isi-ska.ac.id/6521/}, abstract={Penelitian ini berusaha mengunggkap dua permasalahan yang berkaitan dengan interaksi musikal gender lanang dengan dalang dalam suluk jekdong gaya Trowulan Ki Sareh Budi Utomo, meliputi: (1) Bagaimana struktur cengkok genderan dalam sulukan Jekdong gaya Trowulan? (2) Bagaimana interaksi musikal gender lanang dengan dalang dalam suluk Jekdong gaya Trowulan? Dua permasalah tersebut dikaji menggunakan teori interaksi musikal Benjamin Brinner. Penelitian ini bersifat kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara, dan pengamatan sajian jekdong gaya Trowulan oleh Ki Sareh Budi Utomo. Hasil analisis dari penelitian dapat disimpulkan (1) Gender Lanang mempunyai empat cengkok yang membentuk struktur genderan ketika mengiringi sulukan yaitu cengkok angkatan, cengkok kebyokan, cengkok seleh, dan cengkok tutupan (2) Dalang saat sajian suluk menjadi pemegang kendali interaksi yang kemudian di ikuti gender lanang, hal ini hanya berlaku bila dalang peka terhadap laras (3) Setiap peralihan frase suluk terdapat berbagai tindakan?isyarat, tanggapan, arah nada, sinyal, dan tanda dalam gender lanang (4) Struktur interaksi gender lanang dalam suluk dibentuk oleh cengkok genderan suluk gender lanang Kata kunci: gender lanang, jekdong gaya Trowulan, interaksi musikal} }