@thesis{thesis, author={Febianto Rieke Dwiki}, title ={RÉNGGÉH-RÉNGGÉH, KAJIAN KARYA REINTERPRETASI DARI LAGU TEGALAN}, year={2023}, url={http://repository.isi-ska.ac.id/6585/}, abstract={Karya musik komposisi yang berjudul ?Rénggéh-rénggéh? adalah karya reinterpretasi dari lagu gaya Tegalan berjudul Menjangan Rénggéh- Rénggéh. Pada proses reinterpretasi, dilakukan pendekatan dengan menggunakan konsep pemikiran oleh I Wayan Sadra, juga konsep garap oleh Rahayu Supanggah. Pada proses orientasi dan observasi, konsep Menjangan Rénggéh-Rénggéh juga didalami secara menyeluruh, sehingga dapat ditemukan berbagai kemungkinan garap dan unsur musikal yang dapat diolah pada tahap eksplorasi. Karya disusun menjadi tiga bagian: (1) Keinginan; (2) Rintangan; dan (3) Penyelesaian. Penciptaan karya musik ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan pengkarya untuk mengangkat Menjangan Rénggéh-Rénggéh sebuah musik tradisi yangh berasal dari kesenian terbang srakalan yang telah jarang dijumpai di daerah Pesisir Pantura. Menjangan Rénggéh-Rénggéh menjadi ide utama dalam proses eksplorasi reinterpretatif pengkarya. Hasil dari karya ini kemudian diuraikan secara detail ke dalam penelitian ini, mulai dari proses penciptaan: Tahap Persiapan, dan Tahap Penggarapan, kemudian deskripsi sajian yang dinotasikan dengan menggunakan sistem notasi kepatihan dan bagian terakhir adalah hasil karya yang ditinjau ulang secara kritis oleh pengkarya. Kata Kunci: Rénggéh-rénggéh, reinterpretasi, Lagu Tegalan.} }