@thesis{thesis, author={Nazifah Naurah Nazifah}, title ={DESAIN RE-ROUTING JARINGAN ANGKUTAN KOTA DIINTEGRASIKAN DENGAN BUS TRANS BALIKPAPAN DAN PENJADWALAN KEBERANGKATAN ARMADA DENGAN MODEL ALJABAR MAXPLUS}, year={2019}, url={http://repository.itk.ac.id/136/}, abstract={Transportasi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan seperti kota Balikpapan. Kota Balikpapan sebagai salah satu kota yang memiliki mobilitas manusia dan aktivitas lalu lintas yang cukup tinggi harus memiliki suatu sistem transportasi yang optimal. Salah satu masalah penting dalam sistem transportasi umum adalah kepastian waktu tunggu. Hal ini disebabkan belum adanya penjadwalan yang pasti pada transportasi umum tersebut. Saat ini, di kota Balikpapan hanya memiliki dua angkutan umum yang beroperasi di dalam kota, yaitu angkutan kota (angkot) dan bus Trans Balikpapan. Namun rute yang ada pada saat ini masih banyak mengalami overlapping dan belum menjangkau semua titik pusat keramaian di kota Balikpapan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan re-routing jalur angkot yang diintegrasikan dengan jaringan bus Trans Balikpapan dengan menggunakan teori graf. Selanjutnya disusun model keberangkatannya menggunakan model aljabar maxplus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah desain re-routing jalur angkot dan bus Trans Balikpapan yang strongly connected, model aljabar max-plus dan desain jadwal keberangkatan pada masing-masing titik pemberhentian angkot/bus.} }