@thesis{thesis, author={Winda Meida Dwi Puspita}, title ={Penjadwalan Ulang Reparasi Kapal SPOB NORLHA 122 GT Pada PT. Candi Pasifik Menggunakan Critical Path Method - Indonesian Journal of Maritime Technology}, year={2023}, url={http://repository.itk.ac.id/20060/}, abstract={Pekerjaan industri galangan kapal tentunya membutuhkan penjadwalan proyek pekerjaan, termasuk pekerjaan reparasi kapal pada sebuah galangan. PT. Candi Pasifik yang merupakan salah satu galangan kapal di kalimantan timur. Penjadwalan merupakan bagian dari manajemen produksi dan membantu menggunakan waktu dengan baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas galangan. Critical path method (CPM) dan crashing durasi memperoleh serangkaian kegiatan proyek yang lengkap dengan mengumpulkan kegiatan kerja yang saling berkesinambungan, dan metode ini dapat menghasilkan durasi pekerjaan yang lebih cepat dan dapat mencapai waktu yang efesien, tenaga dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui selisih durasi reparasi antara penjadwalan utama dengan penjadwalan menggunakan Critical Path Method dan untuk mengetahui jumlah produktivitas pekerjaan reparasi kapal SPOB NORLHA 122 GT. Penelitian yang dilakukan yaitu pembuatan jaringan kerja, penentuan saat paling cepat terjadinya event (EET) dan saat paling lambat terjadinya event (LET), lintasan kritis dan waktu penyelesaiain proyek reparasi kapal. Dari hasil penelitian menggunakan metode CPM, maka didapatkan 13 kegiatan pada jalur kritis kemudian dilakukan crashing manpower sebanyak 6 orang menghasilkan durasi baru selama 8 har kerja dengan selisih 5 hari lebih cepat dari penjadwalan awal. Dan menghasilkan nilai produktivitas sebesar 3,44 m2/orang untuk pekerjaan Blasting, 2,30 m2/orang untuk pekerjaan Painting, dan 3,43 m2/orang untuk pekerjaan replating. Dan dilakukan Crashing penambahan tenaga kerja menghasilkan produktivitas crashing sebesar 165,28 m2 untuk pekerjaan Blasting, 110,18 m2 untuk pekerjaan Painting, dan 36,00 m2 untuk pekerjaan Replating.} }