@thesis{thesis, author={Naldy Jauhari Zahran}, title ={Analisis Aerodinamika Airfoil NACA 0012 Dengan Variasi Swept Angle Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)}, year={2024}, url={http://repository.itk.ac.id/20799/}, abstract={UAV adalah model model baru dalam bidang kedigantaraan, saat ini keunggulan dari pesawat tanpa awak dapat dikontrol dari jarak jauh. Airfoil merupakan suatu struktur aerodinamika yang digunakan baik pada sayap pesawat tanpa awak maupun mesin - mesin fluida seperti pompa, kompresor, dan turbin. Airfoil pada sayap pesawat digunakan untuk mengangkat badan pesawat. Perbedaan tekanan antara bagian atas dan bawah airfoil menyebabkan pesawat mendapat gaya angkat, peningkatan performa airfoil dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu mengubah sudut sapuan pada rentangan airfoil (swept angle). Pada umumnya semakin besar lift force yang dihasilkan akan menghasilkan drag force yang besar pula sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari adanya penambahan sudut swept angle terhadap nilai Coefficient lift to Coefficient drag ratio (CL/CD) untuk mengetahui nilai yang optimal dan distribusi tekanan yang terjadi pada airfoil, pengujian yang dilakukan menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan software ansys fluent dan menggunakan jenis airfoil NACA 0012, variasi sudut swept angle yang digunakan mulai dari 0°,15°, dan 30° dan sudut serang 12°. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan nilai rasio CL/CD yang optimal terdapat pada sudut swept angle 30° dengan nilai 7.9656 dan hasil nilai distribusi tekanan yang diperoleh bahwa dengan bertambahnya sudut swept angle maka nilai distribusi tekanan yang terjadi pada airfoil akan berkurang. Kesimpulan yang diperoleh seiring dengan bertambahnya sudut swept angle nilai rasio CL/CD akan terus meningkat. Peningkatan sudut swept angle dapat menunda separasi aliran dan mengurangi luas wake region di sekitar trailing edge, sehingga didapatkan nilai rasio terbaik terjadi pada sudut swept angle 30°.} }