@thesis{thesis, author={Mahmudah Rahayu Ridha}, title ={Perancangan Strategi Pengambilan Keputusan Pemasaran UMKM Mentari Kota Balikpapan Untuk Peningkatan Daya Saing-Submit Jurnal}, year={2024}, url={http://repository.itk.ac.id/20926/}, abstract={Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Mentari Kota Balikpapan merupakan salah satu usaha di bidang oleh-oleh makanan dan souvenir khas Kalimantan Timur yang berdiri dan memulai bisnisnya pada bulan Juni tahun 2023. UMKM Mentari Kota Balikpapan mengalami ketidakstabilan dan belum mencapai terget penjualan dikarenakan UMKM Mentari Kota Balikpapan belum memiliki banyak konsumen dan belum terlalu dikenal di masyarakat serta adanya banyak pesaing sejenis yang telah lebih lama berada dalam bisnis oleh-oleh khas Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan pengambilan keputusan strategi pemasaran yang sesuai untuk meningkatkan daya saing pada UMKM Mentari Kota Balikpapan dengan metode penelitian yang digunakan adalah Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT), Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil yang didapatkan adalah strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing pada UMKM Mentari Kota Balikpapan dengan menggunakan SWOT didapatkan 6 strategi alternatif dan pengambilan keputusan strategi pemasaran yang sesuai berdasarkan peringkat menggunakan QSPM didapatkan urutan strategi 1-2-5-3-4-6 serta prioritas pengambilan keputusan strategi pemasaran dengan menggunakan AHP didapatkan urutan strategi 1-2-5-3-6-4. Strategi yang menjadi keputusan untuk diterapkan di UMKM Mentari Kota Balikpapan adalah strategi 1 yaitu melakukan kerjasama dengan industri lokal, produsen makanan dan pengrajin lokal khas Kalimantan Timur untuk mengembangkan teknologi sebagai media promosi agar meningkatkan penjualan produk oleh-oleh melalui partisipasi acara pariwisata atau festival lokal dan melakukan inovasi produk makanan dan aksesoris handmade khas Kalimantan Timur sebagai produk daerah.} }