@thesis{thesis, author={Nurhayati Annisa}, title ={“IDENTIFIKASI ZONA POTENSI AMBLESAN DI KAWASAN AKSES JALAN KAMPUS INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN (ITK) BERDASARKAN NILAI RESISTIVITAS”}, year={2020}, url={http://repository.itk.ac.id/288/}, abstract={Kawasan akses jalan Kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK) merupakan sarana transportasi penting untuk akses keluar masuk mahasiswa, dosen, dan civitas akademika lainnya ke kampus ITK. Namun, terdapat amblesan di permukaan akses jalan ITK yang menyebabkan akses transportasi terganggu. Dalam upaya mitigasi bencana amblesan maka penelitian bawah permukaan perlu dilakukan, yaitu menggunakan metode geolistrik resistivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stratigrafi batuan bawah permukaan berdasarkan nilai resistivitas dan mengetahui potensi zona amblesan di daerah penelitian berdasarkan penampang resistivitas 1D. Hasil dari penelitian ini, stratigrafi batuan bawah permukaan di daerah penelitian berdasarkan nilai resistivitas di setiap titik pengukuran terdiri dari lapisan top soil dengan resistivitas 108 ?m ? 284 ?m, lempung pasiran dengan resistivitas 26.1 ?m - 53.4 ?m, sisipan batubara dengan resistivitas 1197 ?m ? 2000 ?m, pasir lempungan dengan nilai resistivitas 100 ?m ? 332 ?m, dan lapisan terakhir lempung dengan nilai resistivitas 4.63 ?m ? 13.5 ?m. Zona lemah yang teridentifikasi di lapisan kedua berupa lempung pasiran memicu adanya potensi amblesan di semua titik pengukuran, tetapi pemicu yang dapat mempercepat terjadinya amblesan lebih besar terdapat pada titik pengukuran pertama karena adanya faktor kemiringan lereng yang terjal, sedangkan di titik pengukuran lainnya tidak ditemukan faktor kemiringan karena permukaannya relatif datar.} }