@thesis{thesis, author={David Gabriel David}, title ={Analisis Pengaruh Variasi Sudut Head Tube Rangka Sepeda Terhadap Safety Factor Dengan Pengujian Statis (Falling Mass) Menggunakan Metode Finite Element Analysis (FEA)}, year={2021}, url={http://repository.itk.ac.id/4194/}, abstract={Ukuran desain rangka sepeda dapat mempengaruhi kenyamanan dan kelincahan pada rangka ketika digunakan. Sepeda harus memiliki kenyamanan yang baik sesuai dengan kebutuhannya, perubahan sudut akan mempengaruhi performa. Ketika mengubah sudut pada head tube penting untuk menegtahui nilai keamanan pada rangka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh varasi sudut head tube terhadap nilai tegangan, displacement, dan safety factor pada rangka. Pengujian pada penelitian ini menggunakan simulasi pada Computer Simulation dengan metode Finite Element Analysis (FEA). Setelah dilakukan simulasi pada rangka sepeda dengan sudut 73?, 73,5?, 74?, 74,5?, 75? terhadap nilai tegangan, displacement, dan safety factor. Nilai pada sudut head tube 73? menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 70,758 N/mm2, 3,441 mm, 0,777. Nilai pada sudut head tube 73,5? menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 71,085 N/mm2, 3,467 mm, 0,774. Nilai pada sudut head tube 74? menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 72,409 N/mm2, 3,493 mm, 0,76. Nilai pada sudut head tube 74,5? menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 73,448 N/mm2, 3,519 mm, 0,749. Nilai pada sudut head tube 75? menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 74,02 N/mm2, 3,544 mm, 0,743. Pada nilai tegangan dan displacement, nilai terkecil adalah sudut 73? dan nilai terbesar adalah sudut 75?. Sebaliknya, nilai safety factor menurun ketika nilai sudut bertambah, nilai safety factor tertinggi terdapat pada sudut 73? dan nilai safety factor terendah terdapat pada sudut 75?. Dari hasil data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa perubahan nilai sudut head tube dapat mempengaruhi nilai tegangan, displacement, dan safety factor.} }