@thesis{thesis, author={Tyan Anggrah Aditya Putra}, title ={Perancangan dan Analisis Pengaturan Kecepatan Dual Motor DC dengan Kontrol Proporsional Integral Derivatif (PID)}, year={2021}, url={http://repository.itk.ac.id/4299/}, abstract={Dalam penelitian pengaturan kecepatan dual motor DC dengan menggunakan kendali PID. Tujuan pengerjaan tugas akhir ini adalah untuk mendesain kendali dual motor dengan menggunakan kontrol PID, untuk mengetahui respon kecepatan, untuk mengetahui koneksi terbaik untuk rangkaian dual motor. Variabel yang digunakan antara lain parameter parameter motor dan parameter PID itu sendiri. Telah dilakukan pula pada penelitian terdahulu, kendali kecepatan dual motor DC berbasis PID, penelitian tersebut membahas cara mengendalikan kecepatan motor DC agar bernilai stabil dengan adanya gangguan yang ada. Pada beberapa penelitian terdahulu belum ada yang membahas mengenai kendali dual motor. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dilakukan pembahasan mengenai desain kendali dual motor dengan menggunakan PID. Kendali PID dengan tuning matematis dapat memperbaiki respon sistem. Rise time yang dihasilkan oleh sistem dual motor DC koneksi seri menggunakan kendali PID tuning matematis sebesar 7.979 detik sedangkan pada sistem dual motor DC koneksi paralel sebesar 7.921 detik. Settling time yang dihasilkan oleh sistem dual motor DC koneksi seri dengan menggunakan kendali PID tuning matematis sebesar 3.478 detik sedangkan pada sistem dual motor DC koneksi paralel sebesar 3.517 detik. Error steady state yang dihasilkan oleh kedua sistem yaitu mendekati 0%. Overshoot yang dihasilkan oleh sistem dual motor DC koneksi seri maupun koneksi paralel menggunakan kendali PID tuning matematis sebesar 0% . Dapat disimpulkan pula koneksi terbaik dalam penelitian ini adalah dual motor dengan koneksi paralel.} }