@thesis{thesis, author={Bahri Irham}, title ={Analisa Olah Gerak Kapal Ikan Lambung Katamaran Terhadap Deck Wetness Dan Slamming Bottom}, year={2021}, url={http://repository.itk.ac.id/4310/}, abstract={Penelitian ini dibuat karena pada umumnya ada kekurangan pada kapal ikan nelayan yang dibuat yaitu para pembuat kapal ikan hanya memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil tangkapan yang sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan dari segi keamanan kapalnya. perlunya dihitung deck wetness pada gerakan kapal untuk terhindar dari kondisi berbahaya pada saat menghadapi cuaca buruk dan dihitung juga mengenai bottom slamming yang merupakan kejadian haluan kapal membentur air laut. Tujuan dari penilitian ini adalah mengetahui nilai RAO pada kapal ikan katamaran dengan sudut 0°, 90°, 135° dan 180°, dan menghitung probibalitas terjadinya deck wetness dan bottom slamming pada kapal. Metode yang digunakan untuk menghitung RAO menggunakan metode optimasi dengan bantuan software maxsurf dengan variasi muatan sebesar 100% DWT, 50% DWT, dan 25% DWT. Hasil dari penelitian nilai significant amplitude heave tertinggi terjadi pada kapal dengan kondisi 100 % DWT dengan kecepatan 6,45 Knot dan arah datang gelombang 0? yakni 0,131 meter, nilai significant amplitude pitch tertinggi terjadi pada kapal dengan kondisi 100 % DWT dengan kecepatan 6,45 Knot dan arah datang gelombang 0? yakni 2,02 deg, dan nilai significant amplitude roll tertinggi terjadi pada kapal dengan kondisi 50 % DWT dengan kecepatan 6,45 Knot dengan arah datang gelombang 90? yakni 3.43 deg. Lalu, dari hasil analisis tersebut didapatkan nilai probabilitas deck wetness 0,24 % dan nilai probabilitas bottom slamming 0.0000000014996%, nilai tersebut telah memenuhi NORDFORSK 1987.} }