@thesis{thesis, author={Kunaefi Budiman (0751167)}, title ={Analisis Biaya-Volume-Laba sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba (Studi Kasus pada "CV. Sammyo Makmur Abadi" Cimahi)}, year={2012}, url={http://repository.maranatha.edu/10076/}, abstract={Tujuan perusahaan pada umumnya adalah untuk memperoleh laba dan besar kecilnya laba yang dapat dicapai akan menjadi ukuran kesuksesan manajemen dalam menjalankan perusahaannya. Perencanaan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan program anggaran. Program anggaran sebagian besar berisi taksiran penghasilan yang akan diperoleh dan biaya-biaya yang akan terjadi untuk memperoleh penghasilan tersebut yang akhirnya menunjukkan laba yang akan dicapai. Laba dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu volume produk yang akan dijual, harga jual produk, dan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk tersebut. Ketiga faktor ini mempunyai hubungan yang sangat erat dimana biaya menentukan harga jual untuk mencapai tingkat laba yang diharapkan, harga jual mempengaruhi volume penjualan, volume penjualan akan langsung mempengaruhi volume produksi, dan volume produksi mempengaruhi biaya. Analisis biaya-volume-laba mampu memberikan informasi mengenai tingkat penjualan dan harga jual. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui berapa tingkat harga dan tingkat penjualan agar perusahaan berada pada titik impas (Break Even Point), berapa besarnya batas aman penjualan (Margin Of Safety), berapa besarnya pengungkit operasi (Degree Of Operating Leverage), dan berapa besarnya laba dengan bauran penjualan (Sales Mix) yang berbeda. Analisis ini juga dapat digunakan untuk merencanakan laba yang diharapkan oleh perusahaan dan menghindari kerugian dimasa yang akan datang. } }