@thesis{thesis, author={Setianingrum Helena Putri (0864202)}, title ={Perancangan Media Pembelajaran Pramuka Prasiaga untuk Pendidikan Anak Usia Dini di Bandung}, year={2014}, url={http://repository.maranatha.edu/10100/}, abstract={Pramuka merupakan salah satu konsep pendidikan yang berfungsi untuk membentuk siswa sebagai orang yang memiliki karakter yang oleh sebab itu sangat baik diajarkan kepada anak-anak, terutama anak usia dini. Pramuka juga didukung oleh pemerintah dengan dikeluarkannya Undang-Undang Pramuka tahun 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang wajib pramuka 2 jam perminggu. Pramuka juga sudah berdiri lama di Indonesia. Pramuka saat ini mulai berkembang seiring perkembangan zaman. Tingkatan awal pramuka yang mulanya hanya 4 tingkatan yaitu siaga, penggalang, penegak, dan pembina kini bertambah satu yaitu prasiaga. Prasiaga baru diperkenalkan di Indonesia tahun 2010 oleh Kwartir Nasional dan baru diterapkan di bandung tahun 2013. Target utama pramuka prasiaga adalah anak-anak di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-Kanak. Tetapi dengan dukungan pemerintah saja ternyata bukan berarti materi pembelajaran yang diberikan dapat disampaikan dengan baik.Alat peraga yang seharusnya menjadi bagian dari proses pembelajaran bahkan tidak ada. Padahal, alat peraga merupakan media pembelajaran yang baik dalam mengajarkan anak-anak terutama anak-anak di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini atau Taman Kanak-Kanak karena alat peraga dapat menarik perhatian dan minat mereka untuk belajar. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah rancangan tentang media pembelajaran pramuka prasiaga, agar proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.} }