@thesis{thesis, author={Marcella - (1064001)}, title ={Merancang Game Edukasi untuk Memperkenalkan Karakter dalam Tokoh Wayang Golek}, year={2014}, url={http://repository.maranatha.edu/10151/}, abstract={Keberadaan wayang sebagai salah satu aset berharga budaya Indonesia yang perlu dijaga kelestariannya. Wayang sudah diakui oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization/UNESCO) menjadi milik bangsa Indonesia. Di dalam wayang terkandung nilai filosofi, etika, dan estetika. Karakter wayang golek memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh karakter-karakter populer lainnya dalam hal makna-makna yang ada di baliknya. Selain itu wayang golek dikembangkan sehingga memiliki kelebihan dari wayang lainnya dalam hal bentuk visualisasinya yang lebih beragam. Dengan menggunakan berbagai sumber dan teknik pengumpulan data : seperti observasi, wawancara , dan penyebaran kuesioner Mengenali wayang Golek seperti pada aset budaya Indonesia melalui boardgame dapat mengenalkan dan melestarikan kebudayaan wayang Golek sebagai salah satu budaya yang menarik di Indonesia dan terdapat nilai-nilai positif yang ada di dalam karakter wayang Golek. Merancang boardgame wayang golek ini melalui Telah ditargetkan untuk anak-anak, dan tidak ada pembatasan tertentu dengan tujuan untuk membangun rasa bangga akan citra wayang yang dewasa ini dirasa kuno/ kurang menarik, sekaligus menarik minta dikalangan anak-anak . Kelebihan board game in sendiri adalah selain dapat dimainkan bersama -sama, juga untuk mempraktekkan niai-niali kearifan local seperti kebersamaan, kerjasama, kejujuran, bertindak positif, tolong menolong, loyalitas, dsb. } }