@thesis{thesis, author={Arianto Ryan (1064070)}, title ={Perancangan Board Game tentang Kisah Wayang Resi Bisma untuk Menanamkan Nilai-Nilai Moral Kepada Remaja}, year={2014}, url={http://repository.maranatha.edu/10232/}, abstract={Wayang adalah salah satu karya seni dan budaya Indonesia yang mengajarkan nilai moral yang amat berguna untuk masyarakat Indonesia saat ini. Sayangnya, pengetahuan generasi muda tentang kisah-kisah pewayangan masih amat minim. Padahal, banyak tokoh dalam kisah wayang yang patut diteladani. Salah satunya adalah Bisma Dewabrata, eyang dari Pandawa dan Kurawa yang memiliki sifat-sifat luhur seperti jujur, adil, rela berkorban, menolong yang lemah, dan menepati janji. Berdasarkan teori psikologi remaja dan teori game serta dari hasil riset kepada target sasaran, media game terbukti disukai oleh generasi muda dan dapat digunakan sebagai sarana yang efektif untuk memperkenalkan kisah wayang. Berdasarkan studi kasus dan riset di atas, dibuatlah solusi pengenalan kisah tentang Bisma dalam bentuk board game berjudul Bisma Aksepya : Tantangan dari Bisma. Board game ini menceritakan tentang masa muda Bisma yaitu mengenai sayembara untuk memenangkan para putri dari Kerajaan Kasi. Tujuan permainan board game ini adalah adalah pengenalan dan ajaran nilai moral dengan meneladani sifat ksatria dari Bisma. Selain itu, board game ini juga memberikan informasi tentang nama tokoh, jurus, atau senjata yang ada dalam pewayangan. } }