@thesis{thesis, author={Johana Stephanie (1064102)}, title ={Perancangan E-Book Interaktif Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Pancasila untuk Anak Usia 9-10 Tahun}, year={2014}, url={http://repository.maranatha.edu/10277/}, abstract={Pancasila adalah dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang kokoh juga masih diyakini dan dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia. Pancasila yang lahir dari perjuangan bangsa telah terbukti dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak suku , agama, dan budaya, namun Pancasila yang telah diyakini tersebut nilai-nilainya mulai luntur. Nilai-nilai Pancasila sudah tidak dirasakan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya perilaku buruk yang ditemukan dalam masyarakat. Anak-anak hanya mengetahui Pancasila sebagai dasar dan lambang negara saja, secara visual umumnya sudah tahu. Namun kurang memahami nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Pancasila hanya dihafalkan sebagai suatu kewajiban dalam pendidikan anak SD, sehingga nilai moral yang terkandung dalam pancasila tidak terlihat/ terwujudkan dalam tingkah laku keseharian anak. Oleh karena itu perlu dibuat perancangan Dkv untuk memberikan pemahaman akan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak berupa e-book interaktif. Maka dari itu tujuan perancangan ini adalah untuk menyampaikan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak yang dikomunikasikan melalui visual dalam bentuk ilustrasi karakter yang lucu yang dikemas dalam bentuk cerita petualangan yang disukai oleh anak-anak dengan gaya gambar yang sederhana, melalui cerita ini juga dapat mengundang daya imajinasi anak-anak, juga mempermudah anak untuk memahami dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam hidup sehari-hari. Melalui perancangan e-book interaktif ini diharapkan anak-anak menjadi lebih paham dengan nilai Pancasila, dan melalui cerita yang disajikan juga dapat mengarahkan anak untuk melakukan hal yang positif. } }