@thesis{thesis, author={Sanjaya Elsa Dinar (1064135)}, title ={Perancangan Strategi Branding Rumah Batik Lembang}, year={2014}, url={http://repository.maranatha.edu/10302/}, abstract={Sejak batik ditetapkan sebagai warisan budaya dari Indonesia oleh UNESCO tahun 2007 (Ulung, 2011 : 9), bisnis batik mengalami peningkatan yang tinggi di Indonesia, termasuk Batik Jawa Barat. Dari data yang diperoleh dari Yayasan Batik Jawa Barat, 19 dari 25 kabupaten di Jawa Barat memiliki seni khas Batik sebagai simbol dan identitas daerah, salah satunya adalah Batik Kabupaten Bandung Barat. Bisnis Batik dengan motif khas ini dapat ditemukan di Jalan Maribaya 64 A, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, dengan nama Rumah Batik Lembang. Rumah Batik Lembang sudah didirikan sejak tahun 2007 oleh Bapak Yan Maryanto selaku pemilik. Keunikan yang dimiliki Rumah Batik Lembang terletak pada motif batik khas Lembang, seperti motif Bosscha, pinus, papatong pucuk teh, dan Sangkuriang. Namun, berdasarkan pada hasil survei yang dibagikan kepada 100 koresponden secara online(docs.google.com) dengan segmentasi masyarakat Bandung, sebesar 85% koresponden mengaku tidak mengetahui keberadaan Batik Lembang. Maka dibuat suatu perancangan strategi brandingRumah Batik Lembang untuk menarik perhatian masyarakat, khususnya Kota Bandung, bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap eksistensi Batik Lembang serta untuk mengembangkan industri kreatif lokal di Kota Bandung. Perancangan strategi brandingRumah Batik Lembang ini mencakup pembuatan logo, corporate identity, poster awareness, poster informing, brosur, desain webdan media sosial, serta gimmickyang dibuat sesuai dengan segmentasi, targeting, dan positioningyang telah ditetapkan. Melalui perancangan ini masyarakat dapat mengenal dan menyukai produk dari Rumah Batik Lembang sebagai suatu industri kreatif lokal Bandung.} }