@thesis{thesis, author={PAMUNGKAS A. RISKI BANI}, title ={ANALISIS BENTUK GEOMETRIK JALAN TERHADAP POTENSI KECELAAKAAN TOL DEPOK ANTASARI (Ruas Antasari Brigif Paket-1a Sta.0+000 5+800)}, year={2020}, url={http://repository.mercubuana.ac.id/53759/}, abstract={Design of toll road must fulfill geometrical standards which is calculating few elements such as Vertical and Horizontal Alignment to achieve safety and comfort for road users. In this research, corelating between geometrical road to traffic conflict, analyze form of existing geometrical to fulfill criteria of the standards for toll road no.007 Bina Marga 2009. Analyzing geometrical standars with standars Bina Marga No.007 2009, correlating between geometrical road to Traffic Confflict Techniques (TCT) and analyzing weaving section with stands USHCM 2010. From the analyzing there is not fulfill criteria of the standars for toll road, among others are acceleration lane length and deceleration lane from the conditons force the vehicle to brake thus reducing weaving speed. Keywords: Road Geometric, Traffic Confflict Potention, Weaving Section Dalam perencanaan jalan bebas hambatan harus memenuhi standar geometrik yang ada dengan menghitung beberapa elemen – elemen seperti alinyemen vertikal dan alinyemen horizontal agar tercapai keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, untuk itu pada penelitian ini mencoba mengkaitkan adanya hubungan geometrik jalan terhadap potensi konflik kendaraan, dan menganalisis kesesuaian bentuk geometrik pada lokasi tersebut terhadap kriteria standar jalan tol untuk jalan bebas hambatan No.007 Bina Marga tahun 2009. Menganalisis kesesuaian geometrik jalan tol dengan standar bina marga no.007 tahun 2009, mengaitkan hubungan potensi konflik dengan Traffic Confflict Techniques (TCT) dan menganalisis weaving section dengan menggunakan standar USHCM tahun (2010). Dari analisis diatas didapatkan bahwa adanya beberapa nilai geometrik jalan yang tidak memenuhi standar geometrik jalan tol Bina Marga tahun 2009, diantaranya adalah panjang taper baik menggabung maupun memisah dari kondisi tersebut memaksa kendaraan untuk mengurangi kecepatan sehingga berpebgaruh pada kecepatan pada saat weaving dan memperkecil adanya potensi konflik. Kata Kunci : Geometrik jalan, potensi kecelakaan, weaving section} }