@thesis{thesis, author={Khairi Rasyid Ridho}, title ={Analisis dan Perancangan E-Learning Berbasis Moodle Di SMK Kesehatan Aras}, year={2020}, url={https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/156/}, abstract={Tugas Akhir/Skripsi ini membahas tentang analisis dan perancangan e?learning berbasis moodle di SMK Kesehatan Aras dengan tujuan (1) Untuk merancang e-learning berbasis moodle di SMK Kesehatan Aras, (2) Untuk mengetahui cara penerapan e-learning berbasis moodle di SMK Kesehatan Aras, (3) Untuk mengetahui penerapan e-learning berbasis moodle mampu mendukung kegiatan belajar mengajar di SMK Kesehatan Aras. Objek pada penelitian ini adalah aplikasi e-learning berbasis moodle, dan subjek penelitian ini adalah guru, karyawan sekolah, dan siswa SMK Kesehatan Aras dengan jumlah total responden adalah 40 orang diantaranya 10 orang guru dan karyawan sekolah, dan 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisioner dan wawancara, implementasi awal aplikasi, dan evaluasi menggunakan skala Guttman. Berdasarkan hasil penelitian kuisioner kepada responden siswa dan guru yang telah melakukan implementasi awal aplikasi e-learning berbasis moodle dan dilakukan perhitungan menggunakan skala Guttman didapatkan hasil dengan jumlah rata-rata persentase sebanyak 77,7%, hasil 77,7% didapatkan dari perhitungan rata?rata banyaknya responden siswa dan guru yang merasakan manfaat dari penggunaan e-learning dan penempatan jawaban pada kuisioner yang ada, dimana pada skala Guttman terdapat penilaian pada tiap-tiap pertanyaan yang berbobot dimana jawaban Ya mendapat nilai (1) dan Tidak mendapat nilai (0) atau sebaliknya. Berdasarkan jumlah persentase tersebut dapat dinyatakan bahwa penerapan e-learning berbasis moodle di SMK Kesehatan Aras mampu mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah.} }