@thesis{thesis, author={Saipulloh Saipulloh}, title ={Pengembangan dan implementasi enterprise resource planning (ERP) PT Lintas Media Danawa}, year={2018}, url={https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/18/}, abstract={Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah pendekatan untuk menjalin hubungan atau interaksi antara perusahaan dengan pelanggan saat ini dan masa depan. Kegiatan ini dapat menggunakan teknologi untuk mengatur, mengotomatisasi, dan sinkronisasi penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan dukungan teknis. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Customer Relationship Management menggunakan Odoo di bagian sales dan marketing Lintas Media Danawa, mengetahui proses kerja bagian sales dan marketing Lintas Media Danawa sebelum mengimplementasikan Customer Relationship Management menggunakan Odoo dan merekomendasikan cara kerja setelah implementasi di bagian sales dan marketing Lintas Media Danawa. Tahapan dalam penelitian ini adalah Studi Pendahuluan, Analisis dan Perancangan, Implementasi, Uji Coba dan Penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Customer Relationship Management dapat diimplementasikan di bagian sales dan marketing menggunakan Odoo dengan media komunikasi discuss dan email, proses kerja bagian sales marketing sebelum implementasi CRM berhasil dirumuskan dan beberapa rekomendasi cara kerja setelah proses implementasi disusun.} }