@thesis{thesis, author={Lestari Erwinda Dwi and Solandjari Wigang}, title ={TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS POLOWIJEN KOTA MALANG}, year={2019}, url={http://repository.pimedu.ac.id/id/eprint/412/}, abstract={Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di masyarakat. Puskesmas memiliki pelayanan kefarmasian yang harus bermutu agar masyarakat terjamin kesehatannya. Faktor yang dapat mengevaluasi mutu dari pelayanan kefarmasian di puskesmas adalah tingkat kepuasan pasien. Terdapat lima dimensi yang harus diperhatikan dalam pengukuran tingkat kepuasan yaitu dimensi Kehandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty) dan Penampilan (Tangible). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Polowijen Kota Malang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian berdasarkan dimensi Kehandalan (Reliability) dikategorikan sangat puas dengan nilai prosentase 70,00%, dimensi Ketanggapan (Responsiveness) dikategorikan puas dengan nilai presentase 68,18%, dimensi Jaminan (Assurance) dikategorikan puas dengan nilai presentase 69,00%, dimensi Empati (Emphaty) dikategorikan puas dengan nilai presentase 68,03%, serta dimensi Penampilan (Tangible) dikategorikan puas dengan nilai presentase 68,18%. Sehingga tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Polowijen dikategorikan Puas dengan nilai rata-rata 68,68%. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas dan Rawat Jalan.} }