@thesis{thesis, author={Aflaha Yanisha}, title ={EVALUASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT “X” DI KABUPATEN MALANG}, year={2019}, url={http://repository.pimedu.ac.id/id/eprint/413/}, abstract={Pelayanan kefarmasian di rumah sakit merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit. Instalasi farmasi rumah sakit adalah suatu bagian yang menyelenggarakan seluruh kegiatan kefarmasian di rumah sakit, salah satu parameter untuk menilai pelayanan kefarmasian di rumah sakit adalah waktu tunggu. Waktu tunggu merupakan salah satu standart pelayanan minimal farmasi di rumah sakit. Waktu tunggu pelayanan obat non racik adalah tenggang waktu mulai pasien menyerahkan resep sampai dengan menerima obat non racik dengan standart minimal yang ditetapkan yaitu ≤ 30 menit, sedangkan waktu tunggu pelayanan obat racikan adalah tenggang waktu mulai pasien menyerahkan resep sampai dengan menerima obat racikan yaitu ≤ 60 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan resep obat racik dan non racik serta mengetahui kesesuaian waktu tunggu dengan persyaratan standart pelayanan minimal. Hasil rata-rata waktu tunggu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan resep racikan adalah 65,5 menit, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan resep non racikan adalah 40,6 menit. Bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan resep di Instalasi Farmasi pasien rawat inap Rumah Sakit “X” Kabupaten Malang belum memenuhi standar pelayanan minimal. Katakunci : Pelayanan resep, waktu tunggu, standart pelayanan minimal.} }