@thesis{thesis, author={Kurniawan Tri Danang and Rohmah Ulfa Fathu}, title ={TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK UTAMA ANNISAA BLITAR}, year={2019}, url={http://repository.pimedu.ac.id/id/eprint/454/}, abstract={Klinik Utama Annisaa merupakan klinik kesehatan rawat jalan dan rawat inap yang melayani pasien kandungan, anak dan persalinan. Salah satu pelayanan yang diberikan oleh Klinik Utama Annisaa melalui Instalasi Farmasi adalah pelayanan kefarmasian. Evaluasi mutu pelayanan perlu sekali dilakukan sebagai peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan sangat berpengaruh pada kepuasan pasien. Tingkat kepuasan pasien merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengevaluasi pelayanan kefarmasian. Evaluasi kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian belum pernah dilakukan oleh Klinik Utama Annisaa. Tolak ukur kepuasan terdiri dari lima dimensi yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, bukti fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan pada pelayanan kefarmasian di Klinik Utama Annisaa Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien rawat jalan pada pelayanan kefarmasian di Klinik Utama Annisaa Blitar pada dimensi Kehandalan sebesar 80%, dimensi Daya Tanggap sebesar 81%, dimensi Jaminan sebesar 82%, dimensi Empati sebesar 79% dan pada dimensi Bukti Fisik sebesar 78%. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan dari kelima dimensi diperoleh nilai akhir yaitu 80%, menunjukkan bahwa pasien rawat jalan merasa puas dengan kualitas pelayanan kefarmasian yang diberikan. Kata Kunci : Klinik Utama Annisaa, Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan, Pasien Rawat Jalan} }