@thesis{thesis, author={YOHANES DAVIT KRISTIAN}, title ={IMPLIKASI SUHU UDARA PADA MUATAN LPG MIX(PROPANA-BUTANA) DI KAPAL LPG/C LADY KATHLEEN}, year={2017}, url={http://repository.pip-semarang.ac.id/1070/}, abstract={ABSTRAKSI Yohanes Davit Kristian, Implikasi Suhu Udara Pada Muatan LPG MIX Di Kapal LPG/C Lady Kathleen.Skripsi, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing : ( I ) Capt Budi Mantoro, M.Si.,M.Mar ( II ) Okvita Wahyuni, S.ST, MM Dilihat dari segi geografis wilayah Indonesia yang berbentuk Negara kepulauan, dengan demikian praktis perhubungan antar pulau adalah melalui udara dan laut. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern dibutuhkan alat angkut yang dapat mengangkut dalam jumlah yang besar, kapal adalah alat transportasi yang dapat mengagkut dalam jumlah yang besar. Kapal tidak hanya digunakan untuk mengangkut manusia tetapi juga barang-barang kebutuhan manusia yang salah satunya adalah Liquefied Petroleum Gas (LPG). Untuk mengangkut muatan Liquefied Petroleum Gas (LPG) dibutuhkan satu jenis kapal khusus yang dapat mengangkut muatan ini dengan aman yaitu Gas Ship Carrier karena muatan ini harus diangkut dalam kondisi bertekanan dan juga untuk alasan keselamatan karena sifat muatan ini yang mudah meledak dan terbakar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, untuk itu penulis mengumpulkan data dari sumber data primer yaitu data yang penulis dapat dari kapal, dan yang kedua adalah sumber data sekunder yang terdiri dari studi kepustakaan dan studi dokumen, serta metode analisa data yang penulis gunakan adalah metode induktif yaitu penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus yang kemudian membawanya ke kesimpulan yang bersifat umum. Kenaikan temperatur akan mengakibatkan kenaikan pressure, bila hal ini terus berlangsung akan berbahaya. Dalam menghadapi keadaan darurat maka harus ada prosedur yang dipakai sebagai acuan misalnya bila terjadi kebakaran, terkena cairan muatan, bila vapour terhirup, dan sebagainya. Dalam menangani muatan propane & butane maka kita harus mengetahui sifat-sifat dari propane & butane tersebut yang antara lain titik didih, bahaya ledakan dan reaksi muatan. Dapat disimpulkan bahwa perubahan temperatur di luar kapal dapat sangat mempengaruhi kegiatan penanganan bongkar muat terutama pada saat berlangsungnya pemuatan, dimana pada saat temperatur diluar sangat dingin ataupun panas dapat mempengaruhi kondisi muatan dan tangki. Bila sampai melebihi critical temperature dapat mengakibatkan ledakan sehingga harus diatasi dengan melakukan cool down, chilling, dan penggunaan kompresor untuk mensirkulasi vapour. Kata kunci : Gas LPG, Uap (vapour), propana, butana.} }