@thesis{thesis, author={MUSTAHFIRIN }, title ={STRATEGI PEMELIHARAAN DIESEL GENERATOR MV. TANTO PRATAMA (STUDI KASUS RING PISTON PATAH CYLINDER NO 5 DAN 6 SELAMA PERIODE OVERHAUL YANG DITUNDA)}, year={2024}, url={http://repository.pip-semarang.ac.id/5619/}, abstract={ABSTRAKSI Mustahfirin, NIT: 561911237361 T, 2024, ?Strategi pemeliharaan diesel generator MV. Tanto Pratama (Studi kasus ring piston patah cylinder no 5 dan 6 selama periode overhaul yang ditunda)?, Skripsi. Program Diploma IV, Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Didik Dwi Suharso,S.Si.T.M.Pd, Pembimbing II: Kresno Yuntoro,S.ST,M.M. Pada saat MV. Tanto Pratama anchorage di Jakarta untuk melakukan perbaikan pada sistem pendingin air laut, terdengar alarm pada diesel generator No. 3, menunjukkan exhaust cylinder nomor 5 dan 6 temperature mencapai 4500C, diambil tindakan untuk mengganti dengan diesel generator No.2 dan melakukan pemeriksaan pada diesel generator No.3 Dengan menggunakan metode kualitatif, mengumpulkan data suhu gas buang, pendingin jaket cooling, tekanan indicator diesel generator, log book perawatan, wawancara, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab, dampak dan upaya mencegah patahnya ring piston, dengan menambahkan studi kasus penyebab ring piston patah. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan fishbone dan diolah dengan teknik triangulasi untuk mengetahui penyebab patahnya ring piston dan strategi pemeliharaan diesel generator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan diesel generator yang melebihi batas beban maksimum 100kW, tertundanya penggantian ring piston sesuai jam kerja mencapai 10.000 jam. Berdampak pada tingginya temperature gas buang, penurunan tekanan indicator 35-40 kgf/cm2 pada cylinder no. 5 dan 6. Dengan melakukan overhaul penggantian ring piston yang patah, saling berkomunikasi pada saat berdinas jaga dan melakukan perawatan sesuai jam kerja.} }