@thesis{thesis, author={Gede I Gusti Ketut and Nugraha I Nyoman Agus and Utami Made Ayu Jayanti Prita}, title ={Pengaruh Sistem Akademik Online Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bali}, year={2023}, url={http://repository.pnb.ac.id/10049/}, abstract={Kesuksesan perguruan tinggi dapat dilihat dari kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akademik online terhadap tingkat kualitas pelayanan administrasi pada mahasiswa di Politeknik Negeri Bali. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Politeknik Negeri Bali. Objek penelitian pada penelitian ini adalah kepuasan mahasiswa baru angkatan 2022 terkait pelayanan administrasi melalui media website sistem informasi penerimaan mahasiswa baru dan website sistem informasi akademik. Populasi pada penelitian ini berjumlah 2.511 orang mahasiswa Angkatan 2022. Pengambilan sampel penelitian menggunakan pendekatan probability sampling dengan teknik proportional sampling pada enam jurusan di Politeknik Negeri Bali, sehingga sampel penelitian berjumlah 96 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner berisikan pernyataan sesuai dengan variabel penelitian dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kedua variabel yaitu sistem informasi penerimaan mahasiswa baru dan sistem informasi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan administrasi. Secara simultan, kedua variabel yaitu sistem informasi penerimaan mahasiswa baru dan sistem informasi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan administrasi. Dengan adanya hasil temuan dari penelitian ini, pentingnya langkah-langkah perbaikan dan pembaruan konten yang perlu dilakukan, kemudahan navigasi dan penemuan informasi, serta melakukan evaluasi secara berkala terhadap perbaikan yang telah dilakukan untuk memastikan efektivitasnya agar dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa pada pelayanan administrasi di website SION PNB. Kata Kunci: Sistem Informasi Akademik, Kualitas Website, Kualitas layanan, Analisis Regresi Linear Berganda, SPSS (Statistics Package of Social Science)} }