@thesis{thesis, author={Murni Ni Gst Nym Suci and Rahayu Ni Made Yeni Dwi and Yanti Ni Putu Wangi Trisna}, title ={Penanganan Guest Complaint oleh Waiter pada The Cafe Restaurant di Hotel The Mulia, Mulia Resort & Villas Nusa Dua, Bali}, year={2023}, url={http://repository.pnb.ac.id/10109/}, abstract={Manusia sebagai makhluk sosial, yang artinya dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhannya sendiri. Meskipun mempunyai kedudukan dan kekayaan, manusia selalu membutuhkan manusia lain. Hal ini merupakan suatu peluang atau kesempatan yang dimanfaatkan oleh pelaku industri pelayanan jasa seperti restoran dan hotel. Kebutuhan tamu yang dilayani akan terpenuhi dan pihak pengelola jasa mendapat imbalan atas pelayanan yang telah diberikan. Faktanya, proses pelayanan tidak selalu berjalan sesuai harapan. Complaint timbul pada saat tamu merasa tidak puas atas pelayanan maupun makan dan minuman yang dihidangkan. Kunjungan tamu yang tinggi berpotensi akan complaint. Sebagai seorang waiter harus dapat memberikan solusi dengan cara yang sebaik mungkin untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut. Penanganan complaint tidak bisa dilakukan sembarangan. Seorang waiter perlu mengatur strategi atau cara yang tepat sesuai dengan jenis permasalahan yang tamu hadapi.} }