@thesis{thesis, author={Ayuningtyas Niken Mega and Gede I Gusti Ketut and Suryathi Wayan}, title ={Sistem Layanan Jasa Laundry untuk Konsumen Umum dan Hotel pada 80 Degress Laundry and Dry Clean di PT. Aerofood Indonesia Unit Denpasar}, year={2023}, url={http://repository.pnb.ac.id/10388/}, abstract={PT Aerofood Indonesia Unit Denpasar ? 80 Degree Laundry & Dry Clean sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa Laundry untuk konsumen umum dan hotel. Fokus utama untuk menarik pelanggan saat ini adalah kepuasan pelanggan. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, perusahaan harus meningkatkan sistem pelayanannya. Jika perusahaan atau organisasi tidak dapat memenuhi harapan pelanggan, ada kemungkinan besar mereka akan ditinggalkan oleh pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sistem layanan jasa laundry bagi konsumen umum pada 80 Degrees Laundry and Dry Clean di PT. Aerofood Indonesia Unit Denpasar dan untuk mengetahui sistem layanan jasa laundry bagi hotel pada 80 Degrees Laundry and Dry Clean di PT. Aerofood Indonesia Unit Denpasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dan kesimpulan penelitian ini yaitu system pelayanan konsumen umum pada 80 Degrees Laundry and Dry Clean di PT. Aerofood Indonesia memiliki sistem di mulai dari konsumen menaruh laundry dan akan ditanganin langusung oleh administrasi, lalu bagian administrasi membawa laundry konsumen umum ke section guest dan dari pihak section memulai proses pencucian hingga proses pengecekan laundry, dan kemudian dari section guets langsung menaruh laundry tersebut kembali ke bagian administrasi lalu menunggu hingga konsumen umum mengambil dan membayar jasa pencucian tersebut. Sistem layanan jasa laundry untuk hotel pada 80 Degrees Laundry and Dry Clean di PT. Aerofood Indonesia Unit Denpasar memiliki sistem dimuali dari pihak hotel menyiapkan laundry linen yang akan di kirim ke perusahan, lalu checker dan driver mengambil dan dibawa ke perusahaan, dan selanjutnya section linen melakukan proses pencucian hingga selesai, lalu team checker dan driver membawa kembali laundry linen yang bersih ke hotel. Kata kunci : Sistem layanan, konsumen, laundry} }