@thesis{thesis, author={Hartini Hartini and Sahlia Ayu and Tiya Tiya}, title ={Studi Pemetaan Pengenalan dan Filosofi Produk Batik Sepiak Belitung}, year={2023}, url={http://repository.podomorouniversity.ac.id/873/}, abstract={Banyak cara untuk mempromosikan sebuah tempat destinasi wisata, salah satunya adalah dengan karya inovatif dari masyarakat lokal berupa batik yang mampu menceritakan budaya, adat kebiasaan, serta ekosistem di dalamnya. Batik sendiri merupakan sebuah karya seni warisan leluhur bangsa Indonesia yang telah diakui secara global sebagai warisan budaya tak benda dunia. Oleh karena itu, Batik Sepiak hadir sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang ikut berperan dalam kepariwisataan Belitung sebagai UNESCO Global Geopark. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif batik apa saja yang telah diangkat oleh Batik Sepiak serta mengulik filosofi dibaliknya. Selain itu, sebagai sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang telah berhasil masuk ke pasar internasional, dilakukan juga observasi terhadap strategi promosi yang dijalankan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber yang terlibat di antaranya: pemilik Batik Sepiak, budayawan Belitung, karyawan dan konsumen Batik Sepiak, serta Wakil Bupati Belitung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Belitung pada mulanya tidak memiliki motif batik. Namun, setelah dipelopori oleh Ibu Bella Kartika Aprilia dalam hal branding selaku pemilik Batik Sepiak, motif yang bertemakan khazanah budaya Belitung mulai berkembang. Setiap motif batik yang dibuat oleh Batik Sepiak selalu mengangkat nilai-nilai lokalitas yang hidup dan berkembang di daerah Belitung. Produk batik ini kemudian dipasarkan dengan variabel bauran promosi yang terdiri dari iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan perseorangan (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), dan hubungan masyarakat dan publisitas (public relation and publicity).} }