@thesis{thesis, author={Devina Stella}, title ={Studi Desain Merchandise Genshin Impact Menggunakan Pendekatan Emotional Design}, year={2023}, url={http://repository.podomorouniversity.ac.id/932/}, abstract={Genshin Impact merupakan sebuah Role-Playing Game yang diciptakan oleh Hoyoverse pada September 2020. Setelah game ini dirilis, Hoyoverse mengeluarkan ketentuan tentang merchandise Genshin Impact, yaitu semua orang boleh memperjualbelikan merchandise buatan sendiri dengan syarat desain harus dibuat sendiri dan tidak boleh ada komponen yang diambil dari gambar resmi sedikit pun. Merchandise bertema game ini banyak ditemui di pasaran, baik yang ofisial maupun fan-made. Karena itu, penting untuk membuat tinjauan karakteristik merchandise yang disukai oleh pecinta game ini. Perasaan suka terhadap suatu karakteristik desain berkaitan erat dengan sisi emosional manusia. Pendekatan emotional design adalah sebuah pendekatan yang mengaitkan suatu produk dengan sisi emosional manusia berdasarkan tiga aspek, yaitu visceral, behavioral, dan reflective. Pada penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Kuesioner dan wawancara dilakukan untuk mengetahui karakteristik dari merchandise yang disukai oleh orang-orang. Dari hasil kuesioner, keychain dan Al Haitham merupakan merchandise dan karakter favorit dari responden. Berbagai prototipe keychain Al Haitham kemudian dibuat. Prototipe yang sudah jadi akan menjadi bahan utama diskusi pada FGD untuk menentukan karakteristik merchandise Genshin Impact yang disukai dan ditinjau menggunakan pendekatan emotional design. Hasil penelitian menyatakan bahwa karakteristik merchandise yang ditinjau menggunakan aspek-aspek emotional design saling berkesinambungan satu sama lain.} }