@thesis{thesis, author={Purnama Jovan}, title ={Kajian Kelancaran Berdasarkan Tingkat Pelayanan Jalur Pedestrian di Area Transit Oriented Development (TOD) Bundaran HI.}, year={2023}, url={http://repository.podomorouniversity.ac.id/951/}, abstract={Kajian Kelancaran Pedestrian di Area Transit Oriented Development (TOD) ini dibuat atas dasar kondisi kelancaran jalur pedestrian di Area TOD Bundaran HI yang menarik perhatian penulis. Kondisi kelancaran jalur pedestrian ini sekilas tampak sangat ramai sehingga terlihat mengganggu mobilitas pedestrian yang bergerak di jalurnya. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tingkat pelayanan jalur pedestrian di Area TOD Bundaran HI. Penlitian ini menggunakan pendekatan metode campuran (mixed methods). Perolehan data dilakukan dengan cara survey lapangan dan diolah menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus perhitungan Level of Service (LOS) oleh Transportation Research Board (2000). Untuk melakukan perhitungan ini, maka dibutuhkan arus pedestrian dan ruang gerak pedestrian sehingga dapat menganalisis tingkat pelayanan jalur pedestrian di Area TOD Bundaran HI. Hasil penelitian ini adalah terdapat 20 jalur pedestrian yang memiliki ruang gerak yang memadai dan lancar bagi para pedestrian dengan tingkat pelayanan A. Terdapat juga 3 jalur dengan tingkat layanan B yang menandakan adanya beberapa hambatan atau gangguan yang mempengaruhi kelancaran pedestrian mengganggu dan menghambat pergerakan Satu jalur dengan tingkat pelayanan C, yang menunjukkan adanya beberapa keterbatasan dalam ruang gerak dan kelancaran pedestrian. Satu jalur dengan tingkat pelayanan E menunjukkan rendahnya tingkat pelayanan, terutama karena lebar jalur yang sangat terbatas dan jumlah pedestrian yang tinggi.} }