@thesis{thesis, author={HIDAYAT HIDAYAT}, title ={PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA GAME EDUKASI TUMBUHAN LUMUT UNTUK SISWA SMP NEGERI 2 PARITTIGA}, year={2024}, url={http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/1083/}, abstract={Kemajuan teknologi yang pesat di era saat ini memberikan peluang yang sangat baik untuk mengintegrasikan inovasi dalam sektor pendidikan. Keterlibatan teknologi dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar, tetapi juga membuka peluang untuk menciptakan pengalaman pendidikan yang lebih interaktif dan menarik bagi para siswa. Dengan pemanfaatan augmented reality dan game edukasi diharapkan dapat membantu guru dalam memvisualisasikan benda yang berbentuk abstrak serta para siswa dapat bermain sambil belajar, sehingga mudah dijelaskan dan dimengerti oleh para siswa serta memberikan pengalaman belajar yang menarik sehinga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Proyek akhir ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi augmented reality dan game edukasi tumbuhan lumut yang disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa SMP Negeri 2 Parittiga. Aplikasi ini menyediakan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan, meningkatkan pemahaman siswa tentang tumbuhan lumut, dan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan di sekolah ini. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Pengembangan aplikasi game menggunakan Unity dengan bahasa pemrograman C# dan perancangan objek 3D dan 2D menggunakan aplikasi Blender dan Adobe Ilustrator. Berdasarkan hasil pengujian dari guru mata pelajaran mendapat hasil 92,22% yang menunjukkan aplikasi sudah menggunakan materi yang sesuai dengan pembelajaran, sedangkan untuk User Acceptance Testing yang dilakukan kepada para siswa SMP Negeri 2 Parittiga mendapat persentase kelayakan sebesar 91,53%, aplikasi berjalan dengan baik dengan tanpa adanya masalah validitas fungsi-fungsi aplikasi yang ditemukan. Kata Kunci: Augmented Reality, Game Edukasi, Tumbuhan Lumut} }