@thesis{thesis, author={Nori Farandi}, title ={PENGARUH VARIASI STATOR TURBO PADA TURBOJET DRIVE UNTUK MENGHEMAT BAHAN BAKAR MINYAK(BBM) DI KAPAL NELAYAN}, year={2021}, url={http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/374/}, abstract={Turbojet drive atau water jet yang kita ketahui saat ini bahwa teknologi turbojet drive adalah sistem kelautan yang menghasilkan jet air untuk tenaga pendorong. Namun hal yang harus tetap diperhatikan ialah daya dorong yang dihasilkan propeller karena suatu permasalahan yang sering dibahas serta penggunaan BBM pada sebuah teknologi perkapalan , peneliti membahas?? Pengaruh Variasi Stator Turbo Pada TurbojetDrive Untuk Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) Di Kapal Nelayan?? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan turbojet drive menggunakan konsep mesin tempel dimana metode rancangan turbojet drive ini memiliki 4 (empat) tahapan iyaitu merencanakan,merancang, dan penyelesaian. Adapun tujuan dari hasil penelitian pengujian 3 variasi stator turbo pada turbojet drive dapat mengetahui pengaruh stator turbo dalam menghasilkan daya dorong serta keceptan laju kapal dari hasil pengujian variasi stator turbo, dan mengetahui penggunaan bahan bakar dalam 1 liter dari hasil pengujian variasi stator turbo. sehingga turbojet drive ini dapat digunakan oleh nelayan yang ada di Bangka Belitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stator turbo 8 blade dengan daya dorong 44,145 N, berpengaruh dengan kecepatan laju perahu 12 km/h dengan penggunaan BBM 42 ml/menit bisa dikatakan sangat boros. Stator turbo 6 blade dengan daya dorong 34,335 N, berpengaruh dengan kecepatan laju perahu 9 km/h dengan penggunaan BBM 27,5 ml/menit bisa dikatakan cukup irit dan stator turbo 4 blade dengan daya dorong 24,525 N, berpengaruh dengan dengan kecepatan laju perahu 7 km/h dengan penggunaan BBM 15ml/menit bisa dikatakan sangat irit. Kata kunci : Rancangan, turbojet, Pengaruh, stator, blade, BBM} }