@thesis{thesis, author={ajilaksana bima}, title ={IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PEMBUATAN GAME EDUKASI PENALARAN UNTUK ANAK SD (STUDI KASUS UPTD SD NEGERI 29 SUNGAILIAT)}, year={2023}, url={http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/761/}, abstract={Anak ? anak sangat tertarik memainkan game di smartphone Android. Mereka bisa memainkan game untuk waktu yang lama tanpa menyisakan waktu untuk belajar. Ketertarikan anak - anak yang tinggi pada game di perangkat Android harus dipertimbangkan dalam metode pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game yang akan memudahkan siswa dalam belajar agar lebih menyenangkan. Terutama bagi anak ? anak sekolah dasar sebagai perangkat tambahan yang membantu perkembangan mereka dalam belajar. Metode pembelajaran yang diimplementasikan adalah metode inkuiri, dimana siswa akan mengidentifikasi dan meneliti masalah dan pertanyaan untuk mengembangkan pengetahuan atau solusi. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Materi di dalam game disesuaikan dengan materi terkini di sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini adalah 1) terbentuk aplikasi game; 2) metode inkuiri berhasil diimplementasikan kedalam game, dan; 3) berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini memiliki persentase kelayakan sebesar 93,33 persen. Kata Kunci: Android, Edukasi, Game, Inkuiri} }