@thesis{thesis, author={Marcel Darensyah}, title ={PENGARUH PROSES PENGEROLAN DAN TEMPERING DENGAN WAKTU PENAHANAN TERHADAP FREKUENSI PRIBADI PADA PELAT BERALUR}, year={2023}, url={http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/789/}, abstract={Mobil pick up adalah mobil yang mempunyai bak pada bagian belakang berguna untuk mengangkat barang. Pada body atau bak mobil di desain menggunakan pelat besi supaya mobil lebih kuat dan awet. Kendaraan sangat dipengaruhi oleh tingkat kebisingan dan getaran. Getaran yang dihasilkan berasal dari mesin, lantai kabin kendaraan, dan jalan yang berpengaruh pada kendaraan. Getaran dapat dikurangi dengan cara meningkatkan kekakuan. Kekakuan dapat ditingkatkan dengan membuat alur pada panel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan frekuensi alamiah dan kekakuan pelat dengan membentuk alur pada pelat. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelat galvanil dengan tebal pelat 0,6 mm dan 0,8 mm. Metode penelitian ini ditunjukkan sebagai berikut: menentukan dimensi pelat, proses pembuatan alur, mengukur dan menganalisa frekuensi alami dan kekakuan. Panjang dan lebar dari pelat tersebut adalah 580 mm dan 600 mm. Alur yang digunakan berupa bentuk trapesium dengan cara proses pengerolan. Perbandingan antara pelat sebelum di tempering dan sesudah tempering adalah pelat yang sudah tempering mengalami penurunan frekuensi alamiah dan kekakuan. Hal ini dikarenakan ketika di tempering semakin lama maka tegangan sisa pada panel semakin menurun sehingga frekuensi pribadinya juga menurun. Sedangkan perbandingan antara pelat sebelum di rol dan sesudah di rol adalah pelat yang sudah di rol mengalami peningkatan frekuensi alamiinya karena adanya tegangan sisa. Pada pelat 0,6 mm mengalami peningkatan frekuensi alamiah 4 kali lipat, sedangkan pada pelat 0,8 mm mengalami peningkatan 2 kali lipat dibandingkan pelat datar. Kata Kunci: Frekuensi Alamiah , Getaran, Kekakuan, Pelat} }