@thesis{thesis, author={Sri Agustini and Tegar Prayogi}, title ={PROTOTYPE PENGATURAN KECEPATAN DAN KENDALI JARAK OTOMATIS PADA MOBIL LISTRIK TERHADAP BAHAYA KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC CONTROLLER (FLC)}, year={2023}, url={http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/815/}, abstract={Mobil listrik merupakan sebuah mobil yang akan bergerak dengan motor listrik DC dan memanfaatkan energi listrik. Pada mobil listrik saat ini pengereman mobil listrik hanya bisa dilakukan secara manual dengan perkiraan pengemudi saja. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kecelakaan terutama pada mobil listrik diperlukan sebuah sistem pengontrolan kecepatan yang akan mengurangi kecepatan dengan melakukan pengereman secara otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengontrol kecepatan dan pengereman mobil listrik jika terdapat objek di depan mobil listrik tersebut menggunakan sensor ultrasonik dengan metode Fuzzy Logic Controller (FLC) dan membuat kontrol jarak mobil dengan objek yang ada di kiri, kanan dan belakang. Metode penelitan yang digunakan yaitu pengontrolan motor DC yang dilakukan menggunakan Fuzzy Logic Controller (FLC) dengan inputan kecepatan motor dan jarak ke objek yang ada di depan mobil listrik. Kemudian dilakukan difuzzifikasi untuk menentukan aksi output dari motor berupa melambat atau berhenti. Pengujian dilakukan dengan meletakkan objek di depan mobil listrik dengan jarak sangat dekat (10 cm) sampai dengan sangat jauh (400 cm). Hasil pengujian prototype jika tanpa beban yaitu mobil akan berhenti atau kecepatan 0 RPM jika jarak terhadap objek < 50 cm dengan rata-rata delay 2,9 detik. Sedangkan, jika menggunakan beban pada pengujian mulai dari 100 cm, mobil akan berhenti rata-rata pada jarak 70 cm dikarenakan torsi motor tidak kuat. Jika pengujian mulai dari 200 cm mobil kebanyakan menabrak dikarenakan ada delay pada pembacaan sensor. Kata kunci: Fuzzy Logic Controller (FLC), kendali jarak, pengaturan kecepatan} }