@thesis{thesis, author={Irfan Azzam and Reilibra Indienov Valka and Vieri Andrian}, title ={MODIFIKASI MOTOR RODA TIGA RADIUS BELOK 2,5 METER}, year={2023}, url={http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/853/}, abstract={Sepeda motor roda tiga ini merupakan penelitian lanjutan dari proyek sebelumnya berjudul "Simplifikasi Sepeda Motor Roda Tiga Untuk Membantu Para Penderita Cacat Fisk Dan Stunting?. Kendaraan yang dirancang khusus bertujuan untuk membantu penderita cacat fisik dan stunting. Dari pengembangan dan uji coba proyek sebelumnya terdapat beberapa pemasalahan yang perlu diperbaiki, seperti selisih radius belok kanan dan kiri terlalu besar, fungsi shockbreaker tidak berfungsi dengan baik pada kontruksi yang mengakibatkan salah satu ban terangkat ketika berbelok, dan pembuatan komponen custom yang kurang presisi. Maka, dalam penelitian ini dilakukan penyempurnaan dan perbaikan yang bertujuan untuk memberikan batas radius belok minimum sebesar 2,5 meter diukur dari lintasan roda dalam dan memperkecil selisih radius belok dengan mengganti beberapa komponen custom menjadi komponen standart agar kontruksi lebih presisi dari sebelumnya. Dari hasil uji coba didapatkan hasil radius belok kanan dan kiri kurang dari 2,5 meter.Ketika berbelok diukur dari lintasan roda dalam ketitik pusat linkaran maka, belok kekanan didapatkan radius belok sebesar 2,1m dan belok kekiri sebesar 2,17m. Dan juga selisih radius belok lebih kecil dari sebelumnya antara belok kanan dan kiri karena, fungsi shockbreaker yang sudah berfungsi dengan baik yang dapat membuat tubuh driver membantu ketika bermanuver serta ketika berbelok salah satu ban sudah tidak terangkat kembali dari permukaan lintasan. Kata kunci : Motor roda tiga, disabilitas, radius belok, sistem kemudi} }