@thesis{thesis, author={Viniolita Thala}, title ={PENGARUH VARIASI JUMLAH BLADE INLET TURBO PADA WATERJET THRUSTER TERHADAP GAYA DORONG}, year={2024}, url={http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/964/}, abstract={Sistem propulsi waterjet sering dipilih sebagai pengganti baling-baling tradisional untuk kapal yang membutuhkan kecepatan tinggi, daya propulsi terlindungi, memiliki kemampuan manuver tinggi pada setiap kecepatan, rendahnya kebisingan suara dalam pengaplikasian militer, dan getaran rendah. Kinerja antikavitasi, getaran, dan kebisingan pompa propulsi waterjet secara signifikan dipengaruhi oleh kinerja hidrolik saluran masuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang paling berpengaruh dari variasi jumlah blade inlet turbo yaitu 6, 7, 8, dan 9 blade terhadap gaya dorong tertinggi pada prototype waterjet thruster. Penelitian ini menggunakan filamen Super Tough Polylactic Acid (ST PLA) sebagai material part waterjet thruster. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan waterjet thruster menggunakan konsep mesin tempel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya dorong tertinggi memiliki nilai sebesar 104,673 N. Sementara untuk nilai gaya dorong terendah diperoleh dengan nilai sebesar 78,554 N. Kata Kunci : waterjet, inlet, ST PLA, mesin tempel} }