@thesis{thesis, author={Oktavianto Mario}, title ={PENGARUH VARIASI JUMLAH BLADE OUTLET TURBO PADA WATERJET THRUSTER TERHADAP GAYA DORONG}, year={2024}, url={http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/968/}, abstract={Perkembangan teknologi telah memungkinkan manusia untuk menciptakan berbagai jenis kapal dengan fungsi yang berbeda. Salah satu fungsi kapal adalah sebagai alat transportasi penumpang. Gaya dorong merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem propulsi kapal. Sistem propulsi waterjet thruster bisa dipilih untuk menggantikan baling-baling penggerak kapal yang membutuhkan kecepatan tinggi, perairan dangkal, kemampuan manufer tinggi, pergerakan yang senyap, dan minim getaran. 3D printing bisa digunakan dalam proses manufaktur komponen dengan bentuk geometri ideal seperti inlet turbo, impeller, dan outlet turbo pada prototype waterjet thruster. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi jumlah blade outlet turbo 9 blade, 10 blade, 11 blade, dan 12 blade pada prototype waterjet thruster serta mendapatkan variasi outlet turbo yang menghasilkan gaya dorong paling tinggi degan menggunakan konsep mesin tempel. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental. Penelitian ini menggunakan filament ST-PLA (Super Tough Poly Latic Acid) untuk mencetak komponen inlet turbo, impeller, dan outlet turbo pada prototype waterjet thruster dengan diameter 4 inch, impeller 4 blade, dan inlet turbo 9 blade. Hasil dari penelitian ini didapat gaya dorong yang berbeda dari setiap variasi outlet turbo. Gaya dorong tertinggi dihasilkan oleh variasi outlet turbo 12 blade sebesar 211,4 N, dan gaya dorong terendah dihasilkan oleh variasi outlet turbo 9 blade sebesar 170 N. Kata Kunci : Outlet turbo, Thrust, Waterjet thruster} }