@thesis{thesis, author={NURMALA DESFITRIA}, title ={GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III TERHADAP PENYAJIAN DAN VARIASI MENU MAKANAN LUNAK DI RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG}, year={2023}, url={http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5584/}, abstract={ABSTRAK Penyajian makanan merupakan salah satu hal terpenting guna memberikan rasa kepuasan kepada pasien. Beberapa masalah yang seringkali terjadi berkaitan dengan kepuasan pasien terhadap makanan yang disajikan salah satunya adalah jenis makanan yang dihidangkan berkali-kali dalam jangka waktu yang singkat sehingga menyebabkan pasien merasa bosan, oleh karena itu perlu adanya variasi menu pada tiap kali penyajian. Berdasarkan hasil penelitian Nareswara (2017) di RSUD Kota Semarang menunjukkan sebanyak 92,6% responden tidak puas dengan rasa makanan, 53,7% tidak puas dengan penampilan makanan, 81,5% tidak puas terhadap variasi menu. Dampak yang akan terjadi dari hasil penelitian tersebut adalah turunnya citra rumah sakit, selain itu juga ddapat mempengaruhi kesehatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat inap kelas III terhadap penyajian dan variasi menu makanan lunak di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini ditentukan menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah 53 responden yang terdiri dari pasien rawat inap kelas III. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien, penyajian makanan dan variasi menu. Analisis data dilakukan secara distribusi frekuensi berupa tabel. Survey kepuasan yang dilakukan menghasikan sebanyak 40 orang (75,5%) diantaranya merasa puas dengan penyajian makanan yang sesuai dengan jadwal, 44 orang (83%) menyatakan puas terhadap petugas yang menerapkan 5S dan petugas yang bersikap ramah, sebanyak 50 orang (94,3%) menyatakan puas terhadap kebersihan peralatan makan, 41 orang (77,4%) menyatakan puas terhadap variasi menu yang disajikan. Instalasi gizi bisa mempertahankan kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi sesuai target yang ditentukan serta tetap melakukan survey berkala untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi khususnya mengenai penyajian makan dan variasi menu. Kata kunci : Kepuasan, makanan, menu, pasien, penyajian, variasi. Daftar Bacaan : 27 (2013-2022)} }