@thesis{thesis, author={Kamsiah Kamsiah and Meriwati Meriwati and Okfrianti Yenni and Pravita Ayu and SHOLIHAH ZUNDI}, title ={Perbedaan Pengetahuan Gizi Seimbang Antara Edukasi Video dan CTJ pada Siswa di MTs S 03 Kepahiang Tahun 2021}, year={2021}, url={http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/1128/}, abstract={Masa remaja merupakan masa pertumbuhan yang stabil dan relatif cepat disertai dengan perubahan fisiologis dan mental, sehingga membutuhkan gizi yang baik dan tepat meliputi kuantitas/jumlah, jenis serta frekuensinya. Masalah gizi remaja yang timbul salah satu faktornya adalah pengetahuan yang kurang terkait gizi. Upaya mengatasi permasalahan gizi saat ini antara lain melalui balanced nutrition guidelines atau pedoman gizi seimbang. Hasil survei awal diteliti pada siswa/i berjumlah 10 orang menunjukkan hasil pengetahuan 9,7% artinya bahwa 4 dari 10 anak dengan nilai pengetahuan kurang dari 50% sehingga pengetahuan anak tergolong masih tidak baik. Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan gizi seimbang antara edukasi video dan CTJ pada siswa di MTs S 03 Kepahiang. Metode : Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan desain pretest- posttest control group, yang dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII, VIII dan IX MTs S 3 Kepahiang terdiri atas dua kelompok, yakni kelompok CTJ dan video, dengan total 60 siswa. Analisis data menggunakan uji independent t-test atau mann-whitney dan paired t-test atau Wilcoxon test. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pengetahuan rata-rata sebelum pada kelompok video (8,60) lebih tinggi dibandingkan kelompok CTJ (8,00), sementara pengetahuan sesudah pada kelompok video (16,13) lebih rendah daripada kelompok CTJ (16,90). Perubahan rata-rata kelompok video (25,07) lebih tinggi dibandingkan kelompok CTJ (16,90). Terdapat perbedaan pada skor pengetahuan antara sebelum dan sesudah pada kelompok video (0.000) maupun kelompok CTJ (0.000). Simpulan : Edukasi gizi seimbang berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan gizi.} }