@thesis{thesis, author={Andeka Wisuda and Marsofely Reka Lagora and Patroni Rini and Sumaryono Dino and Wijaya Arif Rahman}, title ={Pengaruh Pemberian Media Puzzle terhadap Pengetahuan Anak tentang Pencegahan Penyakit DBD di SD N 66 Kota Bengkulu}, year={2020}, url={http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/407/}, abstract={Demam berdarah dengue (DBD) merupakan demam tinggi fenomena pendarahan yang disertai hepatomegali dan gagal sirkulasi (circulatory failure) sebagian besar penderita DBD adalah anak berusia kurang dari 15 tahun. Untuk menambah pengetahuan anak tentang pencegahan DBD dapat dengan menggunakan media permainan yaitu dengan media puzzle. Puzzle merupakan media visual dengan cara membongkar dan merangkai kembali tulisan atau gambar. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh pemberian media puzzle terhadap pengetahuan tentang DBD siswa siswi di SDN 66 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design, serta rancangan penelitian one group pretest posttest. Besar sempel yang digunakan berjumla 40 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sebelum dilakukan bivariat dilakukan uji kenirmalan data menggunakan uji kolmogorov diketahui data berdistribusi tidak normal maka dilanjutkan dengan analisis datah menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis didapatkan rerata skor pengetahuan sebelum dilakukan promosi kesehatan melalui media puzzle mendapatkan nilai 5.05 dan setelah dilakukan promosi kesehatan melalui media puzzle di SDN 66 Kota Bengkulu terjadi peningkatan rerata menjadi 8.93 dengan perbedaan mean 3,88. Dari hasil uji statistik didapatkan nilaip value 0.000 ? 0.05 sehingga Ha diterima yang berarti ada pengaruh pemberian media puzzle terhadap pengetahuan anak tentang pencegahan penyakit DBD di SDN 66 Kota Bengkulu Penelitian ini dapat dijadikan referensi sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan pada anak sekolah dasar dalam memberikan promosi kesehatan.} }