@thesis{thesis, author={Rahmatunisa Adelia and Rizal Ahmad and Simbolon Demsa and Siregar Afriyana and Wahyudi Anang}, title ={Pengaruh Edukasi Gizi Berbasis Edutainment terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik tentang Pemilihan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS)di SD Negeri 19 Kota Bengkulu}, year={2020}, url={http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/463/}, abstract={Latar Belakang. Berdasarkan Laporan Akhir Hasil Monitoring Dan Verifikasi Profil Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Nasional dalam 10 tahun terakhir, menunjukkan bahwa 98,9% anak jajan di sekolah dan hanya 1% yang tidak pernah jajan. Perilaku jajanan sembarangan dan tidak terkontrol sering menjadi masalah tersendiri bagi anak sekolah. Pemberian edukasi gizi dengan media audio visual menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik anak dalam pemilihan pangan jajanan. Tujuan. Untuk Mengetahui apakah edukasi gizi berbasis edutainment berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktik dalam pemilihan pangan jajanan anak sekolah Metode. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, jumlah sampel yang diperoleh 44 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan praktik yang masing-masing terdiri dari 10 pertanyaan, media audio visual dan media leaflet. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon signed rank test dan Mann Whitney U Test. Hasil. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan, sikap dan praktik mengalami peningkatan setlah diberikan edukasi gizi berbasis edutainment dengan media audio visual. Kesimpulan. Ada pengaruh edukasi gizi berbasis edutainment dengan audio visual terhadap perubahan pemilihan pangan jajanan anak sekolah (PJAS)} }